Mengenali dan Memotivasi Diri


Mari sahabat sekalian, bersama-sama belajar memahami jati diri. Tulisan ini hanyalah pengalaman yang bisa jadi membantu dan bisa jadi tidak. Maka dari itu, sebenarnya kita memiliki tata cara sendiri dalam memahami jati diri. Mungkin ini hanya sebagian kecil dari usaha kita mengenal diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri itulah, kita akan mengenali Tuhan.

Motivasi diri tak selalu tinggi. Terkadang harus dipompa dan dikuatkan lagi. Bicara tentang mengenali dan motivasi diri, apa sih yang harus kita lakukan untuk menjaganya agar tetap on fire in everywhere and everytime?


Pertama, kenali diri dahulu. Siapa sebenarnya kita ini?. Apa yang harus kita lakukan disini, di tempat ini kita berada. Kita harus terus berusaha menemukan jati diri. Karena, dengan tahu diri maka sahabat akan semakin tahu, apa saja yang harus dilakukan untuk mengisi setiap detik kehidupan. Seperti halnya saat kita ditakdirkan sebagai pemulung. Lakukan saja profesi itu dengan sungguh-sungguh. Mengais-ngais sampah, mengolah, dan menjualnya. Jangan memandang apa yang dikais oleh seorang pemulung.Tapi, lihatlah sisi mulia seorang pemulung. Siapa lagi yang mau mengolah sampah, yang disana juga bisa mengembalikan pemandangan lingkungan yang nyaman dan bersih, kecuali seorang pemulung. Kita hidup bersama ini, memang untuk saling melengkapi.

Kedua, teriakkan pada diri kita bahwasannya harus always move on. Usahakan, tak membiarkan detik-detik kosong tak berguna. Orang yang nganggur, cenderung melakukan hal-hal buruk. Entah itu buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Hadapi setiap masalah yang ada. Jangan mau tertimbun masalah. Ada satu cerita tentang kambing yang dikubur hidup-hidup oleh pemiliknya. Karena pemiliknya yang tak menginginkan lagi kambing tersebut. Kambing itu dijatuhkan ke dalam sumur, lalu si pemilik tadi mulai memasukkan tanah sedikit demi sedikit ke dalam sumur. Si kambing pun tak membiarkan tanah itu menimpa dan menguburnya dalam sumur. Dengan sabar, kambing itu pun selalu bergerak untuk menghindari setiap tanah yang akan menimpa dirinya. Dan apa yang terjadi selanjutnya sahabat?. Ternyata, kambing itu bisa keluar dan lari dari sumur dengan selamat. Pemilik kambing itu pun heran. Lho, kok bisa?, Ya bisa lah. Hasil jerih payahnya untuk selalu bergerak tidak sia-sia.
Mari kita ambil pelajaran dari kisah ini. Andaikan kambing tersebut diam diri, pasti dia akan terkubur dalam sumur itu dan kemudian mati. Seperti halnya kita saat ini. Kita takkan lepas dari masalah. Jadi, dengan semangat dan positif thingking, mari kita selesaikan setiap masalah yang datang, sebelum kita mati karena masalah yang akan mengubur hidup-hidup sejatinya diri kita.

Salam Luar Biasa buat sahabat-sahabati semuanya....!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download E-Book Kitab Al-‘Arabiyah Linnasyi’in Lengkap

Kitab Jamiuddurus Jilid 1,2,3 pdf