Sejatinya Ibadah


قال العارفون : التعبد إما لنيل الثواب ، أو التخلص من العقاب ، وهي أنزل الدرجات ، وتسمى عبادة ؛ لأن معبوده في الحقيقة ذلك المطلوب ، بل نقل الفخر الرازي إجماع المتكلمين على عدم صحة عبادته .
أو للتشرف بخدمته تعالى والانتساب إليه ، وتسمى عبودية ، وهي أرفع من الأولى ، ولكنها ليست خالصة له ،
أو لوجهه تعالى وحده من غير ملاحظة شيء آخر ، وتسمى عبودة ، وهي أعلى المقامات وأرفع الحالات

Ulama' ahli ma'rifat berkata : "Beribadah ada kalanya bertujuan untuk mendapatkan pahala atau agar selamat dari siksa, ini adalah derajat ibadan terendah dan dinamakan IBADAH, karena sesungguhnya yang disembahnya secara hakekat adalah tujuan tersebut.Bahkan fakhrur rozi menukil ijma'nya ulama' kalam bahwa ibadah sepetti itu tidaklah sah.
Atau tujuan ibadah adalah agar meraih kemuliyaan dengan berkhidmat kepada Allah ta'ala dan bersandar kepada-Nya, dan ini dinamakan sebagai UBUDIYAH, derajat ini lebih tinggi daripada yang awal,tetapi masih belum murni untuk Allah.
Atau tujuan ibadahnya hanyalah untuk meraih ridho Allah semata tanpa melirik sesuatu lainnya,ini dinamakan UBUDAH, dan ini adalah maqom dan keadaan tertinggi"

Kitab Syarah Misykatul Mashobih

Oleh KH. Fahrurrozi (Mas Kaji)
Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Karim
Putat Lor, Gondanglegi, Malang

Komentar

  1. If you're looking to burn fat then you need to try this brand new personalized keto meal plan diet.

    To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and cooks have united to provide keto meal plans that are effective, suitable, cost-efficient, and satisfying.

    From their grand opening in early 2019, thousands of individuals have already completely transformed their figure and well-being with the benefits a smart keto meal plan diet can offer.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-certified ones provided by the keto meal plan diet.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download E-Book Kitab Al-‘Arabiyah Linnasyi’in Lengkap

Kitab Jamiuddurus Jilid 1,2,3 pdf