Tanda-tanda Kebahagiaan

بسم الله الرحمن الرحيم

Tanda-tanda Kebahagiaan


واعلم أن عنوان السعادة أن يوفِّق الله العبد للعمل الصالح في حياته، و ييسره له، وعنوان الشقاوة أن لا يُيَسَّر للعمل الصالح، ويبتلى بالعمل السوء، قال رسول الله -صلَّى الله عليه وآله وسلَّم-: (( واعملوا فكلٌّ مُيسَّر ما خُلِقَ له، من خلق للجنة يُسِّرَ لعمل أهل الجنة، ومن خُلِقَ للنار يُسِّرَ لعمل أهل النار)) .
Tanda-tanda Kebahagiaan Karena Adanya Taufik Dari Allah
Tanda kebahagiaan manusia adalah bila Allah memberinya taufik untuk melakukan amal baik di masa hidupnya dan memudahkannya baginya. Sedangkan tanda kesengsaraan ialah bila hamba tidak diberi taufik untuk mengerjakan amal baik dan mengerjakan amal buruk.

Nabi saw bersabda : “Beramallah kamu sekalian. Masing-masing akan dimudahkan untuk sesuatu yang dicipatakan untuknya.

Jika diciptakan untuk surga ia pun dimudahkan untuk amal penghuni surga. Dan siapa yang diciptakan untuk meraka, ia pun dimudahkan untuk amal penghuni neraka.”

و لَمَّا قبض الله القبضتين قال لقبضة السعداء : هؤلاء للجنة وبعمل أهل الجنة يعملون . وقال لقبضة الأشقياء: وهؤلاء للنار وبعمل أهل النار يعملون.

Ketika Allah menjadikan dua kelompok, Dia berkata kepada kelompok orang-orang yang bahagia : Mereka ini untuk surga dan mengerjakan amal penghuni surga.

 Dan berkata kepada kelompok orang-orang yang sengsara. Meraka ini untuk neraka dan mengerjakan amal penghuni neraka.


Di jelaskan oleh sabda Rasulullah saw


كن ورعا تكن اعبد الناس وكن قنعا  تكن اشكر الناس  واحب  للناس ما تحب  لنفسك  تكن  مؤمنا  واحسن مجاورك تكن مسلما  واقل الضحك فان كثرة الضحك تميت القلب


Jadilah kamu orang yang warak,niscaya menjadi orang yang paling  beribadah jadilah kamu orang yang qonaah,niscaya  kamu menjadi orang yang paling bersukur
Cintailah  untuk orang lain apa apa yang kamu cintai untuk dirimu sendiri,niscaya kamu menjadi otang mukmin  yang paling sempurna
Berbuat baiklah  dalam bertetangga dengan orang yang menjadi tetanggamu , niscaya kamu menjadi orang muslim  yang sempurna
Dan sedikitlah dalam tertawa ,karena  banyak tertawa itu  akan menjadikan hati mati,


"Bukan amal seseorang yang memasukkannya ke surga atau melepaskannya dari neraka, tetapi ialah semata-mata rahmat Allah S.W.T belaka (HR. Muslim)

"Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kita lakukan telah tepat"

Wallahu a'lam...

Oleh KH. Fahrurrozi
Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Karim, Putat Lor, Gondanglegi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download E-Book Kitab Al-‘Arabiyah Linnasyi’in Lengkap

Kitab Jamiuddurus Jilid 1,2,3 pdf